Dewan Pimpinan Cabang Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Kota Banjarmasin menyatakan Sikap bahwa 1 Juni 1945 adalah Hari Lahirnya Pancasila
Beberapa waktu yang lalu, DPC GMNI Kota Banjarmasin melayangkan Surat Terbuka yang ditujukan kepada Presiden Joko Widodo perihal Mendesak Pemerintah untuk Menetapkan Hari Lahirnya Pancasila pada 1 Juni 1945.  Berikut berita selengkapnya :

Surat Terbuka DPC GMNI Kota Banjarmasin kepada Presiden Jokowi
BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Dewan Pimpinan Cabang Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia Kota Banjarmasin (DPC GMNI) Kota Banjarmasin mengirim surat kepada Presiden untuk mengusulkan penetapan 1 Juni 1945 sebagai hari lahirnya Pancasila.
"Beberapa elemen bangsa pun sudah mengajukan hal serupa dan sudah dibahas di Istana Presiden," ucap Fatan Fahriady, Ketua DPC GMNI Banjarmasin kepada BPost online, Selasa (24/5).
Perlunya ditetapkan hari lahirnya Pancasila melalui keputusan Presiden, menurut dia agar lahirnya Pancasila mempunyai jaminan hukum.
"Hari lahirnya Pancasila sebagai Ideologi dan Dasar Negara tercermin pada saat Pidato Ir. Soekarno di dalam persidangan BPUPKI pada tanggal 1 Juni 1945," katanya.
Bedasarkan pada fakta ini, maka tepatlah bahwa Hari Lahirnya Pancasila itu adalah tanggal 1 Juni 1945.
"Maka dari itu kami dari DPC GMNI Banjarmasin, menyampaikan aspirasi kami agar 1 Juni 1945 segera ditetapkan oleh pemerintah sebagai Hari Lahirnya Pancasila, agar dari Sabang sampai Merauke memahami kapan pertama kalinya Dasar Negara kita Pancasila itu lahir," katanya.
Selanjutnya, DPC GMNI Kota Banjarmasin bersama Kelompok Cipayung Kota Banjarmasin (PC PMII Kota Banjarmasin, HMI Cabang Kota Banjarmasin, PMKRI Kota Banjarmasin, GMKI Kota Banjarmasin) menggelar Aksi Bersama Memperingati Hari Lahirnya Pancasila pada Hari Rabu, 1 Juni 2016 yang lalu, dan bertepatan dengan keluarnya Keputusan Presiden tentang Penetapan Hari Lahirnya Pancasila oleh Presiden Joko Widodo di Bandung. Kelompok Cipayung Kota Banjarmasin dalam Aksinya mengeluarkan beberapa Pernyataan Sikap. Berikut berita Selengkapnya :

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Memeringati hari lahir Pancasila 1 Juni 2016, aksi damai digelar sejumlah mahasiswa dari berbagai organisasi kemahasiswaan Kota Banjarmasin, Rabu (1/5/206) siang.
Orasi kebangsaan dilakukan sekitar 70 mahasiswa gabungan dari beberapa organisasi kemahasiswaan di Banjarmasin di bundaran Kantor Pos Besar Jalan Lambung Mangkurat.
Mereka terdiri dari DPC Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Banjarmasin, DPC Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Banjarmasin, DPC Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Banjarmasin, DPC Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Banjarmasin dan HMI Cabang Banjarmasin.
Dalam orasinya, mereka menyatakan mendukung langkah Presiden Joko Widodo menetapkan 1 Juni sebagai hari lahirPancasila dsn mendukung Pancasila sebagai ideologi Bangsa Indonesia.
Aksi mahasiswa dikawal ketat aparat kepolsian dari Polresta Banjarmasin dan Polsek Banjarmasin Tengah yang dipimpin langsung Kapolsek Kompol Uskiansyah.
BANJARMASIN, KK – Start di halaman kantor Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Banjarmasin, ratusan massa dari beberapa elemen pergerakan mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok Cipayung Kota Banjarmasin memperingati hari lahirnya Pancasila, Rabu (1/6/2016).
Tidak cukup berorasi di bundaran Hotel Arum, para aktivis mahasiswa dari GMNI, HMI, PMII, PMKRI, GMKI ini juga berorasi di depan Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Selatan. 
Menurut Muhammad Firdaus, koordinator lapangan, aksi diawali dengan long march ini memang diagendakan bagi kawan-kawan untuk bisa berorasi, sekaligus audiensi dengan anggota DPRD Kalimantan Selatan untuk menyampaikan beberapa aspirasi.
Dalam orasinya, kelompok Cipayung Kota Banjarmasin ini menuntut pemerintah untuk : 
1. Membubarkan kelompok atau organisasi yang menentang nilai-nilai Pancasila dan mencabut kewarganegaraan anggotanya.
2. Menanamkan Pendidikan Moral dan Pancasila secara khusus sebagai dasar Pendidikan.
3. Pemugaran Monumen Pancasila atau Tugu 17 Mei 1949 Kilometer 17 Gambut Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan.
“Dengan sepenuh hati dan atas dasar Pancasilakelompok Cipayung juga mengucapkan Selamat Hari LahirPancasila 1 Juni 1945,” imbuh Firdaus.
Bagi mereka, peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni memiliki makna yang sangat penting, mengingat Pancasila merupakan dasar dan ideologi negara Indonesia yang harus diketahui asal-usulnya oleh bangsa Indonesia dari waktu ke waktu dan dari generasi ke generasi.
“Harapan kami agar tuntutan kami ini bisa direalisasikan oleh pemerintah daerah maupun pusat,” pungkas Firdaus.nul


Lampiran Surat Terbuka kepada Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu, sebelum keluarnya Keputusan Presiden tentang Penetapan Hari Lahirnya Pancasila pada tanggal 1 Juni 2016 yang lalu.


Nomor : 006/Eks/DPC.GMNI-Banjarmasin/V/16                                   Banjarmasin, 09 Mei 2016
Lamp   : -

Perihal : Usulan Penetapan 1 Juni 1945 Sebagai Hari Lahirnya Pancasila

Kepada YTH,
Presiden Republik Indonesia
Bapak Ir. H. JOKO WIDODO
Di-
       Jakarta

Merdeka ..!!!

Teriring salam dan do’a semoga Bapak dan sekeluarga serta kita selaku warga Negara selalu di berikan kekuatan oleh Tuhan Yang Maha Esa untuk terus melanjutkan cita-cita Proklamasi Nasional. Pancasila sebagai dasar dan ideologi Negara semoga selalu menjadi pedoman seluruh warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pada surat ini izinkan kami menyampaikan pendapat dan usulan berkaitan dengan penetapan hari lahirnya Pancasila, yang menurut kami sangatlah penting mengingat sampai hari ini sejarah lahirnya Pancasila belum mendapatkan jaminan hukum dimana seyogyanya penetapan hari lahirnya Pancasila perlu ditetapkan melalui Keputusan Presiden.

Hari lahirnya Pancasila sebagai Ideologi dan Dasar Negara tercermin pada saat Pidato Ir. Soekarno di dalam persidangan BPUPKI pada tanggal 1 Juni 1945 dimana Pidato Ir. Soekarno tersebut menguraikan 5 (lima) Prinsip dasar Indonesia Merdeka, yang disebut Pancasila. Pidato Ir. Soekarno 1 Juni 1945 diterima secara aklamasi oleh peserta sidang BPUPKI. Selanjutnhya Pidato Ir. Soekarno 1 Juni 1945 tersebut diterbitkan pada tanggal 1 Juli 1947 oleh Kementrian Penerangan di Jogjakarta dengan judul “Lahirnya Pancasila”. Kata pengantar di tulis oleh Dr. K.R.T Radjiman Wedyodiningrat, Mantan Ketua BPUPKI.

Bedasarkan pada fakta ini, maka tepatlah bahwa Hari Lahirnya Pancasila itu adalah tanggal 1 Juni 1945. Menurut kami sangatlah diperlukan penetapan Hari Lahirnya Pancasila oleh Pemerintah mengingat Pancasila adalah Dasar dan Ideologi Negara Indonesia yang harus diketahui asal-usulnya oleh Bangsa Indonesia dari waktu ke waktu dan dari Generasi ke Generasi. Selanjutnya Pidato Ir. Soekarno pada tanggal 1 Juni 1945 adalah bentuk Kristalisasi konsep budaya dan politik Bangsa Indonesia yang bersumber dari Jati Diri Bangsa Indonesia yang telah lama digali dari nilai-nilai Sosial, Budaya, dan Adat Istiadat dari Bangsa Indonesia itu sendiri secara keseluruhan, maka bentuk Kristalisasi itulah menghasilkan Pancasila yang disepakati menjadi Dasar Negara Indonesia.

Pancasila sebagai philosophie Groundslag (Filosofi Dasar), Pancasila sebagai Groundnorm (Dasar Hukum/Norma), Pancasila sebagai Ideologi Negara, Pancasila sebagai Dasar Negara, tidak boleh hanya dimaknai sebatas atribut Negara, tidak boleh hanya dimaknai sekedar simbol, Pancasila harus lah sebagai Pedoman Kehidupan Berbangsa dan Bernegara yang harus dijamin oleh hadirnya Hukum, untuk memperkuat jati dirinya.

Maka dari itu kami dari Dewan Pimpinan Cabang Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Kota Banjarmasin, menyampaikan aspirasi kami, dari daerah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan agar 1 Juni 1945 segera ditetapkan oleh Pemerintah sebagai Hari Lahirnya Pancasila, agar dari Sabang sampai Merauke memahami kapan pertama kalinya Dasar Negara kita Pancasila itu lahir.

Demikian penyampaian kami, kami berharap Bapak berkenan mempertimbangkan pendapat dan usulan kami tersebut, dan benar-benar menetapkan 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahirnya Pancasila demi kelangsungan hidup Bangsa dan Negara kita, agar para Generasi Bangsa selalu mengetahui kapan lahirnya Dasar Negara Indonesia, yang disebut Pancasila, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

GMNI Jaya….!!!

Marhaen Menang …..!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar